cara membuat naskah drama terbaik

Rabu, 21 November 20121komentar


Naskah Drama TerbaikContoh Naskah Drama Terbaik – Jika Anda disekolah mengikuti kegiatan ekstrakulikuer kesenian teater maka anda membutuhkan contoh Naskah drama terbaik untuk ditampilkan diatas pentas. Apabila anda kebingungan dalam mencari contoh naskah drama terbaik, maka anda dirasa tepat membuka/membaca artikel ini.
Dalam artikel ini, penulis akan memberikan contoh naskah drama terbaik untuk pembaca sekalian. Namun, contoh naskah drama ini tak hanya dikhususkah oleh pemain teater saja. Semua kalangan juga bisa membaca naskah drama terbaik ini.
Akan tetapi, sebelum mengetahui contoh naskah drama terbaik tersebut, alangkah bagusnya jika para pembaca sekalian memahami terlebih dahulu mengenai naskah drama tersebut. Apa saja ? mari kita simak penjelasan tentang naskah drama berikut.
Apa itu Naskah drama ? naskah drama ialah salah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Masing-masing tokoh memiliki bagian sendiri-sendiri untuk diperankan, termasuk untuk melakukan dialog atau hal yang lainnya.
Cara membuat naskah drama
1. Pemilihan topik
cara membuat naskah drama ‘pemilihan topik’ ini yang perlu Anda amati adalah  apa yang sering terjadi di sekitar kita. Hal itu bisa menjadi inspirasi untuk menentukan topik dari drama yang akan kita tampilkan.
2. Penentuan tokoh, latar, dan sudut pandang
Setelah kita menentukan topik dari drama yang akan kita tampilkan, selanjutnya kita merancang latar, tokoh cerita, dan sudut pandang
3. Tentukan Plot cerita
Cara menulis naskah drama mirip dengan cara menulis cerita lainnya. Untuk menentukan plot cerita, kita harus menulis ringkasan cerita  (yang terdiri dari bagian awal, tengah, dan akhir). kemudian kita harus mengidentifikasikan unsur drama yang kita tulis. Contoh :
- Tema: Kebiakn dibalas dengan kejahatan.
- Tokoh: Budi (tokoh utama), Bapak Budi (sedang sakit), dan pemilik tas yang dicopet.
- Latar: pasar kecamatan. Sudut pandang cerita: sudut pandang orang ketiga (Bu Sastro).
4. Membuat rancangan tulisan awal
Setelah semua langkah diatas selesai, kemudian kita harus membuat keragka alur atau urutan cerita. Pikirkan apa yang akan terjadi, kapan terjadi, dan bagaimana terjadi.
5. Tulis naskah akhir
Setelah selesai menulis naskah, koreksi lah dan lakukan perbaikan bila diperlukan. Kemudian baca naskah drama tersebut dari awal sampai akhir. Setelah yakin tidak perlu ada revisi, drama bisa ditampilkan. jangan lupa untuk memilih tokoh yang sesuai dengan karakter dalam cerita drama tersebut.
Demikian penjelasan singkat mengenai naskah drama
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

9 Desember 2019 pukul 00.15

waywae

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Serba - Serbi Naskah Drama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger