ketika cinta lintas agama

Selasa, 20 November 20121komentar




Ketika
Cinta
Lintas Agama
Karya: wahyu setiadi










ketika
cinta
  lintas agama
karya: wahyu setiadi

Sinopis : Sebuah Naskah yang mecritakan tentang sebuah perbedaan, dimana cintalah penyebabnya. Sebuah gambaran tentang benang merah antara Alim seorang muslim yang mencintai CHristy yang seorang Kristiani, terjalin indah dibalik bayang-bayang kemungkaran sebuah perbedaan, dimana cinta itu harus tunduk pada aturan hidup, Pertemuan kedua sejoli ini mengatur kita bagaimana memandang sebuah perasaan yang dibatasi oleh hukum Tuhan, lingkungan pun menentang jalinan benang merah tersebut. Kedua orang tua mereka pun tak setuju atas perasaan yang menembus batas toleransi, Tapi kedua sejoli tetap kukuh pada keyakinan mereka: bahwa Cinta tidak salah, jadi jangan salahkan mereka untuk mencinta, apakah kekuatan cinta mereka dapat menembus segala penghalangnya, sebuah aturan Tuhan dan lingkungan,???? Selamat menyaksikan



Setting:Sebuah gambaran tentang perasaan antara dua sejoli ini


Alim:
Dimana cinta datang dalam pandangan yang turun ke hati, meluapkan rasa sucinya yang tak pernah melihat siapa dan apa sebenarnya kamu

Christy:
Dan aku yang selalu menunggu, dimana cinta itu meluruhkan setiap tebing-tebing tinggi perbedaan

Alim & Christi:
sudah ketentuan bahwa Tuhan mengkonsep perbedaan sebelum semua tercipta. aku kamu, langit bumi, hitam putih dan agamamu agamaku


BLACK OUT

Alim:
Dingin, hujan lagi hujan lagi, surabaya mirip bogor dikit-dikit hujan dikit-dikit hujan, hujan kok sedikit-sedikit, terang mendung lagi, ah, langit kadang tak bersahabat terlalu seenaknya sendiri, kemarin lagi asyiknya pulang dari masjid eh langsung bress hujan turun tanpa tanda koma, hadeehh mana nggak pake daleman

tiba tiba seorang gadis datang dengan tergesa-gesa langsung duduk di sebelah pemuda itu

Alim:
ya Tuhan, kadang langit bersahabat juga hehehe mantap nih dingin-dingin empuk, dari rambutnya ini pasti ciri khas anak yang lemah lembut. Assalamualaikum (si gadis tidak menjawab dan mengacuhkan matanya ke sudut lain)Assalamualikuuum, assallamualikuuumm warokhmatullohi wabarokhatuuuuh, jangan jangan tuli nih cewek, ehm, bukankah menjawab sebuah salam itu wajib hukumnya untuk sesama muslim sebab terdapat doa keselamatan di dalamnya, dan hanya orang-orang sombong yang mengacuhkan salam itu.

christy:
(hanya melihat lalu pergi dari sisi pemuda tersebut)

Alim:
wuu.. budeg chasing boleh anggun, kelakuan kayak jelangkung datang gag ditunggu pulang gag disuruh, wah cantiknya anak tadi, siapa ya gerangan... jika beruntung pasti ketemu lagi.

Black out


tempat sama seperti malam kemarin dalam sebuah taman yang berpayung menghalangi setiap titik hujan yang mengusik tapi asyik, terlihat sosok gadis cantik duduk sambil memandangi langit

Christy:
hemm langit selalu menyaksikan segala tingkah makhluk di bawahnya, selalu menyimpan rahasianya dibalik luasnya cakrawala, apakah mereka tahu aku sedang pilu, apakah mereka tahu aku sedang rindu pada setiap ketenangan dihidup ini

Alim:
Astaghfirullah apa itu putih-putih (memekik melihat dengan seksama) ah tapi kakinya menapak, Subhanalloh ternyata gadis kemarin, ini pertanda bahwa dia disiapkan untukku terima kasih ya Allah, Assalamualaikun (gadis itu menoleh tetap tanpa ekspresi) cih tetap saja angkuh, boleh aku duduk disitu, bolehhlaaahh emang tempat duduk nenek moyangmu (langsung duduk disamping gadis itu) nganggur ya, ia sih keliatannya nganggur, emm dingin yah, ia dingin banget bisa mati beku nih, apalagi kalau ngomong sendiri sudah beku dianggap gila..

(si gadis tersenyum melihat pemuda itu) subhanalloh (seperti leleh ia memandangi senyum gadis itu) ee..e.. siapa namamu?

Christy:
(berdiri dan menghadap pemuda itu)  namaku christ...(dan pergi..)

Alim:
(termangu) Mirip pusaka orang jawa.. masya Allah ngaji!!

Black out

Entah apa dan kenapa mereka bertemu dalam satu jangkah dan tapak menghadap sisi satu sama lain seakan sudah digariskan bahwa mereka akan dililit benang merah

Alim:
A..a..assalamualaikum, kamu lagi, aku yang GR atau ini cuma kebetulan ya, eh apa kamu selalu menungguku lewat sini?

Christy:
GR.

Alim:
Sudah kuduga! hehehe. jadi kau selalu kesini setiap malam?

Christy:
Ya, aku suka kesini tapi tidak sering sebab disini aku bisa melihat sisi lain dunia, kenapa ada bintang, kenapa ada bulan kenapa..

Alim:
ada kamu disinii..

Christy:
ah maap?

Alim:
Tidak, hanya mengagumimu melihat sesuatu yang kadang tidak terpikirkan oleh orang lain, memikirkan hal yang menurutku tidak berpengaruh dengan kehidupan ini

Christy:
menurutmu tidak ngaruh, setiap inchi dari bumi ini ada pengaruhnya tau, kenapa ada taman disini, kenapa ada kerikil yang berserak disana, kenapa ada daun daun termasuk kenapa ada siang dengan matahari dan malam dengan bulannya??

Alim:
Menurutmu kenapa aku disini ??

Christy:
Iseng!!

Alim:
Tidak, sebab aku mencari firasat hatiku ternyata tepat ada kamu disini, mungkin klise ya  love at first sight, eh mungkin kamu kaget tapi kata ustadku jodoh rizeki dan kematian itu sudah diatur,dan mungkin kamu jodohku,

Christy:
(tertawa,) Kamu lucu! aku percaya cinta pandangan pertama dan aku mengalaminya. tapi apa yakin Tuhan ngirimin aku sebagai jodohmu

Alim:
Kenapa tidak, aku yakin!yakin sekali malah aku gag pernah merasakan cinta seperti ini demi Allah

Christy:
jangan bawa-bawa Tuhan, seperti aku bilang aku juga mengalami sepertimu cinta pada pandangan pertama dan itu denganmu

Alim:
JADI!!!

Christy:
tapi aku tidak yakin sebab, Tuhan kita saja beda, yakin aku dikirim oleh-Nya? lihat kau mulai ragu, aku tidak terkejut aku memahami, aku sudah cukup senang bahwa kau mencintaiku.

Alim:
ee..ee christ aku tetap mencintaimu dan tetap ingin bersamamu kamu mau.

Christy:
(menganguk dengan seribu jawaban dalam diamnya)


************************
Setting : sebuah ruangan untuk mengaji...

Abah:
aku lihat kau sibuk akhir-akhir ini, sampai-sampai mengaji pun kau terlambat. banyak ustad melapor kau ketinggalan pengajian kitab- kitab, tak biasanya kau seperti ini

Alim:
ia abah maaf, eeh akhir-akhir ini  saya sibuk mengurusi hal-hal penting

Abah:
Seperti berduaan di Taman dengan perempuan yang bukan mukhrim.

Alim:
A.abah maaf abah maaf saya tidak bermaksud untuk...

Abah:
Sudahlah Abahmu ini tau, abahmu ini faham abah juga sepertimu dulu waktu muda hahahaha... cantik anaknya?

Alim:
Cantik

Abah:
Taat?

Alim:
(deg mamatung entah seperti malin kundang dikutuk ibunya)
Taat Bah..

Abah:
kenapa kau tak menatapku, hemm sudahlah mungkin engkau malu, kau sudah besar dan sudah dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Alim:
i ii..ia Abah...

******************
Setting: rumah christy sebuah ruang keluarga

Papi:
Aku lihat akhir-akhir ini kau selalu keluar malam hemm.. mau ronda?

Mami:
Ah Papi ada-ada saja kan sudah kegemaran dia melihat bintang

Christy:
Ia Pap christ selalu keluar malam untuk melihat bintang

Papi:
halah bintang kok diliat, bagusan juga liat papimu ini, kamu itu lihat bintang atau bertemu dengan pujaanmu?

Mami:
Ia, sudah lama kamu tidak terlihat dekat dengan teman lelakimu jangan-jangan..

Papi:
huss..

Mami:
ya kan Mami khawatir Pi.. dia kan anak tunggal kita

Christy:
hehe Sebenarnya christy sudah punya tambatan hati

Papi:
TUh kan alasan pake liat bintang

Mami:
Puji Tuhan, cepat kenalin Mami Papimu nih

Christy:
ia Pi Mi

*******************


Setting: sebuah taman dimana mereka bertemu dan memulai segala cerita ini

Alim:
Christ, Aku mencintaimu dan kau pasti percaya itu, kemarin Abah orang tuaku satu-satunya memergoki aku dan kamu berdua disini

Christy:
Lau kau bilang apa?

Alim:
aku mengaku bahwa memang aku bertemu kamu

Christy:
jadi orang tuamu sudah tau bahwa keyakinanku berbeda denganmu?

Alim:
belum(dengan nada yang lemas sebab memebebani perasaan dan raganya)

Christy:
Orang tuaku juga bertanya tentangmu, Ia menyuruhku untuk mengenalkanmu kepada mereka

Alim:
dan kau sudah bilang tentang keyakinanku

Christy:
belum

Alim:
Ah, kenapa Perbedaan itu ada,!

Christy:
kenapa, bukankah berbeda itu indah

Alim:
Tapi bukan soal Agama, Toleransi itu basi, persatuan itu Tai

Christy:
HUss, jadi kau menganggap aku tai?!!!

Alim:
bukan itu maksudku, kenapa mereka mendikte kita dengan segala urusan perbedaan yang tidak masuk akal,

Christy:
Ya mungkin untuk kebahagiaan kita

Alim:
Kebahagiaan? kamu liat saja politik apartheid, mereka menganggap perbedaan warna kulit itu sangat menentukan derajat mereka, Atau paling mudah dan sangat terlihat!!, kamu suka sepak bola

Christy:
suka..

Alim:
Nah!!! Liat bukan lagi perbedaan masalah agama atau warna kulit, melainkan perbedaan tentang mana yang mereka jadikan kebanggaan dan kau lihat sendiri, kekerasan dimana-mana

Christy:
Segala yang kau ucap bukan dampak buruk dari segala perbedaan, melainkan fanatisme yang diterapkan oleh mereka, bukankah perbedaan mengawali semua penciptaan, Kau tidak sadar
Tuhan menciptakan Langit yang berbeda dengan bumi, Hitam berbeda dengan putih, pria wanita, miskin kaya, buruk baik. Semuanya berbeda dan semuanya bisa seimbang jika mereka tak berpikir tentang siapa yang lebih baik, tak akan jadi warna jika semua sama

Alim:
tapi ini berbeda dengan kita!!!

Christy:
apanya yang berbeda,!!! kau sendiri yang sedari tadi terus menerus berkata berbeda-berbeda atau kau yang jelas-jelas tidak menghargai perbedaan!!

Alim:
kalau aku tidak menghargai perbedaan mana mungkin aku denganmu saat ini!!

Christy:
Sebab aku cantik!! sehingga kau tak peduli lagi tentang perbedaan dan malah kau menyalahkannya ia!!! kau hanya mencintaiku tapi tidak mencintai dengan segala keadaanku

Alim:
jadi kau tidak percaya,? selama ini aku berbohong kepada Abahku tentangmu sebab aku menyayangimu

Christy:
Berbohong? cukup hinakah agamaku hingga kau berbohong, terjawab sudah pertanyaanku terhadapmu??

Alim:
Aa... kau salah sangka

Christy:
Besok kutunggu kau kerumahku, orang tuaku ingin bertemu denganmu...

(pemuda itu diam sejurus pandangan menatap sigadis pergi)



************************
Setting: rumah christy sebuah ruang keluarga

Mami:
Jadi ini calonmu? cakep juga hehehe sepertinya serasi

Papi:
hash Mami ini kan malu anak kita nanti, nak Alim sekolah atau kuliah?

Alim:
Kuliah Om

Papi:
semester berapa?

Alim:
semester 2 Om

Papi:
anak keberapa?

Alim:
kebetulan tunggal om

Mami:
Papi ini kok kayak mau interview memangnya mau ngelamar kerja!!! jadi anak alim ini jurusan apa?

Papi:
halah sama saja!

Mami:
hehehe ya sudah ayo dimakan sebelum makan kita berdoa dulu

(mereka berdoa dengan cara mereka sendiri-sendiri, disinilah mahalnya sebuah toleransi)

Papi:
baik berdoa mulai

(perbedaan itu sungguh terlihat jelas, dimana Ego manusia yang mendahulukan segalanya bahwa kebenaran adalah punyaku bukan punyamu atau mereka, Oran tua itu terkejut sontak menggebrak meja)

Agamamu???

Alim:
Muslim Om

Papi:
jadi kau berbeda dengan kami!!! Christ masuk kamar!!!!

Christy:
Papi!!

Mami:
sudah nak kamu masuk kamar saja

(dengan dituntun Orang tua perempuannya, masuklah gadis itu dalam kamarnya)

Papi:
aku boleh menyuruh anakku, bergaul dengan siapa saja, dan berteman siapa saja tapi tidak untuk berhubungan khusus dengan kau yang berbeda kepercayaan dengan kami!!

Alim:
Tapi kami saling mencintai Om

Papi:
Cintamu takkan membuat kebaikan pada anakku!! Apalagi kebahagiaan!!

Alim:
bukankah yang merasakan kebaikan dan kebahagiaan itu kami?

Papi:
Tak punya sopan santun!!! pergi dari sini pergi!!!

(keluarlah pemuda itu dengan wajah sedu sedannya)

Papi:
Christtt.. christyy...

(si gadis itu keluar dengan mata yang sembab pedih hatinya)

Laki-laki yang kamu cintai itu berbeda dengan kita, Apa kamu gag mikir!! dimana otak kamu, sudah menjadi pengkhianat dalam agamamu sendiri

Christy:
aku sama sekali tidak menjadi pengkhianat dalam agamaku sendiri, aku hanya mencintai apa itu salah!!

Papi:
dan kesalahanmu adalah mencintai dirinya yang jelas berbeda dengan kita

Christy:
cinta tidak pernah salah Pap dan jangan salahkan kami untuk saling mencintai

Papi:
Omong kosong, Agama yang selalu mengundang kekerasan, agama yang selalu mengancam teror, itu yang kamu suka!! iya!! itu yang kamu suka!!

Christy:
Salah, sebaliknya dia yang memahami segala perbedaan, dia yang mengajarkanku untuk mengakui bahwa perbedaan itu nyata, dia yang mengajariku bahwa setiap agama mempunyai tujuan kebaikan di dunia, dan orang-orang lah yang menafikkannya Pap dengan membawa nama agama untuk saling membenci!!

Papi:
pandai bicara kamu!! (hendak memukul)

Mami:
Paaa...
***********************
Setting : sebuah ruangan untuk mengaji...

Abah:
ada apa to le kok muram?

Alim:
Bah apa salah kita bersanding dengan orang beda agama

Abah:
Oh tentu tidak apa-apa Islam mengajarkan kita untuk hidup toleransi, dahulu Nabi kita Muhammad SAW tidak perah memaksa dengan cara-cara yang keras untuk mengikuti ajarannya melainkan dengan perbuatan

Alim:
jadi tidak apa-apa kalau kita hidup berdampingan

Abah:
tentu-tentu tidak apa-apa, oh gimana pujaanmu kapan kamu kenalin dengan abahmu ini?

Alim:
itu dia Bah, dia anak taat yang beragama

Abah:
Alhamdulillah, bagus itu

Alim:
Tapi agamanya berbeda dengan kita

Abah:
astaghfirullahaladzim, maksudmu ia non islam.. astghafirullah jadi selama ini kau membolos untuk berpacaran dengan anak yang bukan mukhrim dan berbeda pula agamanya, astgafirullah kau betul-betul, salah apa aku mengajarmu hingga kau seperti ini astaghfirullah(berpaling tanpa melihat anaknya)

Alim:
Maafkan aku abah, aku tidak bisa untuk tidak mencintainya, bukankah Tuhan yang menciptakan perasaan ini... Alim sebagai hambanya hanya menerima anugrah itu Bah..,

Abah:
dan Tuhan pun membuat larangan tentang segala busa mulutmu tadi, Temui dia dan katakan itu yang terkhir kalinya kau bertemu!!

(orang tua itu meninggalkan anak nya yang masih bersujud di hadapannya)
**************

Setting: Taman terakhir bertemunya mereka

Alim:
terlalu menyedihkankah aku untuk dapat dilihat?

Christy:
Tidak, aku hanya takut untuk tak kuat melihatmu, sungguh aku mencintaimu

Alim:
begitu pun aku
Dimana cinta datang dalam pandangan yang turun ke hati, meluapkan rasa sucinya yang tak pernah melihat siapa dan apa sebenarnya kamu

Christi:
Dan aku yang selalu menunggu dimana cinta itu meluruhkan setiap tebing-tebing tinggi perbedaan

Alim & Christi:
sudah ketentuan bahwa Tuhan mengkonsep perbedaan sebelum semua tercipta. aku kamu, langit bumi, hitam putih dan agamamu agamku

Selamat tinggal...

the end




Share this article :

+ komentar + 1 komentar

24 Desember 2014 pukul 05.00

bisa mintak akun pengarang yang bisa di hubungi? misal facebook ataupun twitter

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Serba - Serbi Naskah Drama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger